Apa Itu SEO / Search Engine Optimization

Apa Itu SEO / Search Engine Optimization
 Apa itu seo ? SEO adalah sebuah rangkaian proses yang dilakukan oleh sebuah situs demi mendapatkan traffic dan lalu lintas dari mesin pencari yang dilakukan mengikuti algoritma mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo.

Sejarah SEO


Istilah Search Engine Optimization pertama kali muncul pada 26 Juli 1997 yang di posting melalui sebuah pesan spam di Usunet. Pada saat itu algoritma search engine belum terlalu kompleks sehingga bisa di manipulasi.


Saat itu algoritma search engine didasarkan pada informasi para Webmaster melalui Meta tag dan kode html situs mereka. Kesempatan ini di manfaatkan dengan baik oleh para Webmaster, mereka melakukan manipulasi pada Meta tag dengan menaruh kata kunci yang tidak sesuai dengan isi konten situs mereka. Sehingga menyebabkan kerugian bagi mesin pencari dan pengguna intenet , karena informasi yang di dapatkan tidak sesuai dan tidak relevan.

Tapi hal ini segera teratasi karena mesin pencari memeringkat sebuah halaman web dengan menghitung jumlah link dan kualitas link yang menuju ke sebuah halaman web atau yang sekarang  kita kenal dengan "pagerank".

Contoh SEO 

Saya membuat sebuah artikel yang membahas tentang cara membuat blog, kata kunci yang saya target adalah cara membuat blog. Dengan melakukan optimasi dengan benar kata kunci yang saya target tadi bisa berada di halaman pertama atau bahkan no 1 di google.

Mungkin anda sekarang mulai paham tentang apa itu seo ? dan jika belum juga paham atau bahkan tidak mengerti sama sekali, anda bisa baca di wikipedia.

Macam - macam SEO 

Search Engine Optimization terbagi menjadi dua yaitu:
  1. SEO ONPAGE, yaitu sebuah proses optimasi yang dilakukan dari dalam blog. Seo onpage meliputi:
  • Title tag 
  • URL
  • Meta description
  • Heading meliputi (h1,h2,h3 dan seterusnya....)
  • Imege dan alt tag
  • Link, terbagi menjadi dua yaitu link inbound dan outbound ke halaman yang relevan
  • Link ke halaman Authority
    2. SEO OFFPAGE, yaitu sebuah proses optimasi yang dilakukan dari luar. Seo offpage meliputi :
  •  Mencari Backlink, dalam mencari backlink utamakanlah backlink dari blog dofollow dan  pagerank tinggi.
  • Promosikan blog , kita bisa mempromosikan blog lewat sosial media seperti facebook, twitter, dan Google+ atau bisa lewat forum diskusi online dengan menjawab pertanyaan dari para anggota forum sambil meninggalkan link menuju blog kita.

Manfaat melakukan SEO ( SEARCH ENGINE OPTIMIZATION )

  1. Membuat Blog atau artikel masuk halaman pertama atau bahkan no1 di google
  2. Mendapatkan banyak visitor dan sumber lalu lintas dari mesin pencari. Jika blog atau artikel kita masuk halaman pertama, maka otomatis pengunjung blog kita akan banyak berdatangan.
  3. Meningkatkan Penjualan, semakin banyak visitor maka semakin banyak produk yang akan terjual. 
  4. Meningkatkan daya saing, jika sudah mendapatkan ketiga hal di atas, maka daya saing blog anda akan semakin kuat dan bukan tidak mungkin  blog anda akan merajai setiap keyword yang anda harapkan.
Setelah mengerti apa itu seo? dan menerapkannya dengan benar maka sangat mungkin blog anda akan  menuai kesuksesan dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi anda . Dan itu saja bahasan kali ini semoga bermanfaat dan kunjungi terus PANDUAN SEO.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apa Itu SEO / Search Engine Optimization
Ditulis oleh TIPS SEO
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, jika ingin mengutip sebagian atau keseluruhan isi dari artikel blog ini, diharapkan untuk menyertakan link dofollow menuju http://panduanseoku.blogspot.com/2014/03/apa-itu-seo-search-engine-optimization.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Unknown said...

Mantap artikelnya makasi infonya ya

salwa said...

Pingin banget punya blog yang bisa menduduki halaman pertama seperti blog ini, masalahnya saya belum paham beberapa hal dari SEO Onpage, seperti;
Title tag
Meta discription
URL
Dan heading (h1, h2, dan apalah itu)
Link inbound dan outbound

Tapi sampai sejauh ini artikel ini cukup menambah pemahaman saya.

Terima kasih

Salam blogger newbie

Post a Comment

Copyright of panduan seo| Support By: Song Lyrics Album